img_head
BERITA

Roleplay Uji Coba Aksesibilitas Terhadap Fasilitas Pelayanan Disabilitas Pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Des08

Dipublish : 08-12-2020 23:24:49 | Telah dibaca : 715 Kali


Selasa, 08 Desember 2020, Pengadilan Tinggi Yogyakarta bersama Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) dan Komunitas Penyandang Disabilitas di Yogyakarta menyelenggarakan roleplay uji coba aksesibilitas terhadap fasilitas di Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas MoU kedua lembaga, sekaligus sebagai perayaan Hari Disabilitas Internasional.

Pengadilan Tinggi Yogyakarta telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor : W13-U/252/SK/KPT/XI/2020 tanggal 05 November 2020 tentang Penerapan Pelayanan terhadap Penyandang Disabilitas Khususnya Tuna Netra dan Tuna Rungu yang Berhadapan dengan Hukum pada Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kebijakan tersebut bertujuan agar Pengadilan Negeri se- wilayah Pengadilan Tinggi Yogyakarta memiliki pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas dan agar memiliki tingkat aksesibilitas yang seragam dalam melayani peyandang disabilitas. Kelima pengadilan yang dimaksud antara lain Pengadilan Negeri Yogyakarta, Pengadilan Negeri Sleman, Pengadilan Negeri Bantul, Pengadilan Negeri Wonosari, dan Pengadilan Negeri Wates.

Roleplay uji coba aksesibilitas terhadap fasilitas di Pengadilan Tinggi Yogyakarta dipandu oleh Fatum Ade dan Rini Rindawati dari hola Woman Disability Crisis Center (WDCC) SAPDA. Turut hadir sejumlah individu dari setiap ragam disabilitas, yang secara langsung mencoba dan menilai fasilitas yang ada. Fasilitas tersebut antara lain guiding  block, ramphandrail, dokumen braille, toilet, hingga Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta. (hr/humas).